Skip to main content

Kabar Gembira, Guru Bisa Kredit Rumah Murah DP 1 Persen

Kerja sama Kemendikbud dan BRI (Dok Foto: Maulandy Rizky Bayu Kencana/Liputan6.com)
Kerja sama Kemendikbud dan BRI (Dok Foto: Maulandy Rizky Bayu Kencana/Liputan6.com)


LENSAGURU.COM - Berita gembira bagi para guru se-Indonesia. Beberapa hari lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memberikan fasilitas berupa program Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera (KPRS) dan Kredit Pemilikan Properti (KPP) bagi guru dan para pengajar. Itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi tenaga kependidikan Indonesia dalam memiliki rumah tinggal yang layak dan siap huni.

Dikutip dari Liputan6.com, Kedua pihak itu menindaklanjuti kesepakatan kerja tersebut dengan membuat Nota Kesepahaman antara Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud serta BRI, yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama direktorat teknis di lingkungan Ditjen GTK. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad mengungkapkan, pemerintah ingin mensejahterakan guru di daerah terpencil yang saat ini belum mempunyai rumah, khususnya para tenaga pengajar yang sudah punya penghasilan tetap.

Lebih lanjut menurut Hamid, "Yang kita sasar adalah guru yang sudah punya penghasilan tetap, karena pasti ada jaminan dari mereka bahwa mereka masih tetap mengajar," ujar dia di Gedung D Kemendikbud, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Program Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera (KPRS) dan KPP memberikan berbagai kemudahan kredit untuk para tenaga pengajar, seperti memberikan suku bunga dalam fasilitas KPRS kepada Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 5 persen selama masa tenor.

Property Rumah
Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)/Liputan6.com

Sementara itu, pemberian fasilitas KPP untuk Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah ditentukan lewat empat cara. Pertama, yakni 6,90 persen fixed (tetap) 1 tahun dengan counter rate (e.q 13 persen), minimal tenor 7 tahun dan tanpa pengendapan dana.

Berikutnya 7,30 persen fixed 2 tahun, selanjutnya counter rate (e.q 13 persen) dengan minimal tenor 7 tahun dan tanpa pengendapan dana. Lalu, 7,50 persen fixed 3 tahun, selanjutnya counter rate (e.q 13 persen) dengan minimal tenor 8 tahun tanpa pengendapan dana.

Langkah pemberian KPP terakhir yaitu melalui 7,75 persen fixed 5 tahun, selanjutnya counter rate (e.q 13 persen), minimal tenor 10 tahun, dengan pengendapan dana dua kali angsuran.

Pemberian kemudahan lainnya yakni Uang Muka (Down Payment) fasilitas KPRS yang ditetapkan sekurang-kurangnya 1 persen, dan akan dituangkan dalam perjanjian kredit antara debitur dengan BRI.

Terkait penetapan biaya, kerja sama ini juga menggratiskan biaya provinsi. Sedangkan untuk biaya administrasi dan biaya premi asuransi, jumlahnya pun kosong, alias Rp 0. 
(dikutip dari Liputan6.com)

Comments

Popular posts from this blog

IGI Flotim Gelar Pelatihan Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android

(Foto:IGI Flotim/Founder Sagumanisan, Muntasir Hak, ketika menyampaikan materi Workshop) Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2018, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur tepatnya pada tanggal 01 Mei 2018 melaksanakan Workshop Pendidikan "Sagumanisan" (Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android) di aula lantai 2 SMA Surya Mandala Waiwerang Kecamatan Adonara Timur. (Foto:IGI Flotim/Seremonial penjemputan Narasumber) Hadir pada saat itu 148 guru dari tiga daratan terlihat antusias mengikuti kegiatan workshop. Kegiatan workshop ini menghadirkan dua orang narasumber dari PP IGI Pusat, yaitu Pak Muntasir Hak, S.Pd selaku founder dan coach nasional sagumanisan dan Pak Abdul Rasyid, M.Pd sebagai coach nasional. Hadir juga dalam workshop ini tiga orang pengurus IGI wilayah NTT bersama anggota komite pendidikan, yaitu Pak Syafrudin Atasoge, M.Pd. (foto:IGI Flotim/ Sambutan Ketua  IGI Flotim) Kegiatan workshop sagumanisan ini bertujuan

Download Perangkat Pembelajaran, RPP dan Silabus kelas 4 SD K13 Revisi 2017

RPP Kelas 4 SD Revisi 2017 Perangkat pembelajaran menjadi suatu kewajiban bagi guru untuk mempersiapkannya ketika akan melakukan proses belajar mengajar. Namun masih banyak guru yang kesulitan mempersiapkan perangkat pembelajarannya. Disini kami akan membantu kesulitan guru dalam membuat perangkat pembelajaran. semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru. Silakan Bapak/Ibu guru download perangkat pembelajaran pada link dibawah ini. Silabus SD/MI K13 Revisi 2017 silakan  unduh disini Berikut RPP K13 kelas 4 SD/MI Revisi 2017 RPP kelas 4 tema 1 :  download RPP kelas 4 tema 2 :  download RPP kelas 4 tema 3 :  download RPP kelas 4 tema 4 :  download RPP kelas 4 tema 5 :  download RPP kelas 4 tema 6 :  download RPP kelas 4 tema 7 :  download RPP kelas 4 tema 8 :  download RPP kelas 4 tema 9 :  download Bagi Bapak/Ibu guru kelas 4 SD/MI yang membutuhkan Jurnal Tematik  silakan  unduh disini Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Download Juknis Penulisan Ijazah Dan SHUN Tahun 2018 SD SMP SMA SMK

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2018 – Setiap sekolah tentunya harus mengetahui tatacara penulisan blangko ijazah atau SKHU yang baik dan benar sesuai Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Perkembangan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanTentang Bentuk, Spesifikasi, Pencetakan/Penggandaan, Pendistribusian, dan Pengisian Blangko Ijasah Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Juknis Penulisan Ijasah Dan SHUN Apa Ijazah Itu? Ijazah adalah sertifikasi pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan formal atau pendidikan nonformal. Juknis Penulisan Ijazah sertifikasi hasil ujian nasional (SHUN) adalah surat keterangan yang berisi nilai Ujian Nasional sebagai tingkat pencapaian setandar kopentensi lulus pada mata pelajaran tertentu yang dinyatakan dalam kategori. Sedangkan untuk standar ijazah kopetensi pd mata pelajaran yang diikuti oleh satauan pendidikan dasar maupun menengah dintaranya yaitu SD, SDLB, S