Skip to main content

PENDAFTARAN PPG DALAM JABATAN 2018

Kembali pemerintah memberdayakan Aplikasi SIM PKB untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan keguruan. Sebelumnya pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan mengumumkan terkait penerbitan SKTP melalui akun SIM PKB. Kali ini pengumuman Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 juga melalui akun SIM PKB. Setelah periode pertama PPG 2018 yang dilaksanakan pada bulan November 2017, Dirjen GTK kembali mengundang para guru untuk mengikuti PPG 2018 periode kedua.

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2018. Pendaftaran akan berakhir pada tanggal 2 Maret 2018 dan diperpanjang hingga 31 Maret 2018 (Surat Perpanjangan Waktu Pendaftaran pretest calon peserta PPG dalam jabatan dapat diunduh di akhir artikel). Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan.

Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb lebih guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 periode ke dua ini  berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.
  1. Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
  • Belum memiliki Sertifikasi Pendidik
  • Status Kepegawaian Guru (PNS/CPNS/Honor Daerah/GTY)
  • TMT pengangkatan maksimal 2015
  • Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1
  • Usia maksimal 58 tahun pada tahun 2018

Berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (cut off 31 Juli 2017), Anda termasuk dalam daftar calon peserta program tersebut.

Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
  • Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1
  • Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
  • Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
  • Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
  1. Pendataan ini berakhir pada tanggal 2 Maret 2018. Tahapan yang ada di tahun 2018 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali diperiode berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Download Perangkat Pembelajaran, RPP dan Silabus kelas 4 SD K13 Revisi 2017

RPP Kelas 4 SD Revisi 2017 Perangkat pembelajaran menjadi suatu kewajiban bagi guru untuk mempersiapkannya ketika akan melakukan proses belajar mengajar. Namun masih banyak guru yang kesulitan mempersiapkan perangkat pembelajarannya. Disini kami akan membantu kesulitan guru dalam membuat perangkat pembelajaran. semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru. Silakan Bapak/Ibu guru download perangkat pembelajaran pada link dibawah ini. Silabus SD/MI K13 Revisi 2017 silakan  unduh disini Berikut RPP K13 kelas 4 SD/MI Revisi 2017 RPP kelas 4 tema 1 :  download RPP kelas 4 tema 2 :  download RPP kelas 4 tema 3 :  download RPP kelas 4 tema 4 :  download RPP kelas 4 tema 5 :  download RPP kelas 4 tema 6 :  download RPP kelas 4 tema 7 :  download RPP kelas 4 tema 8 :  download RPP kelas 4 tema 9 :  download Bagi Bapak/Ibu guru kelas 4 SD/MI yang membutuhkan Jurnal Tematik  silakan  unduh disini Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

IGI Flotim Gelar Pelatihan Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android

(Foto:IGI Flotim/Founder Sagumanisan, Muntasir Hak, ketika menyampaikan materi Workshop) Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2018, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur tepatnya pada tanggal 01 Mei 2018 melaksanakan Workshop Pendidikan "Sagumanisan" (Satu Guru Mahir Penilaian Berbasis Android) di aula lantai 2 SMA Surya Mandala Waiwerang Kecamatan Adonara Timur. (Foto:IGI Flotim/Seremonial penjemputan Narasumber) Hadir pada saat itu 148 guru dari tiga daratan terlihat antusias mengikuti kegiatan workshop. Kegiatan workshop ini menghadirkan dua orang narasumber dari PP IGI Pusat, yaitu Pak Muntasir Hak, S.Pd selaku founder dan coach nasional sagumanisan dan Pak Abdul Rasyid, M.Pd sebagai coach nasional. Hadir juga dalam workshop ini tiga orang pengurus IGI wilayah NTT bersama anggota komite pendidikan, yaitu Pak Syafrudin Atasoge, M.Pd. (foto:IGI Flotim/ Sambutan Ketua  IGI Flotim) Kegiatan workshop sagumanisan ini bertujuan

Download Juknis Penulisan Ijazah Dan SHUN Tahun 2018 SD SMP SMA SMK

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2018 – Setiap sekolah tentunya harus mengetahui tatacara penulisan blangko ijazah atau SKHU yang baik dan benar sesuai Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Perkembangan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanTentang Bentuk, Spesifikasi, Pencetakan/Penggandaan, Pendistribusian, dan Pengisian Blangko Ijasah Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Juknis Penulisan Ijasah Dan SHUN Apa Ijazah Itu? Ijazah adalah sertifikasi pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan formal atau pendidikan nonformal. Juknis Penulisan Ijazah sertifikasi hasil ujian nasional (SHUN) adalah surat keterangan yang berisi nilai Ujian Nasional sebagai tingkat pencapaian setandar kopentensi lulus pada mata pelajaran tertentu yang dinyatakan dalam kategori. Sedangkan untuk standar ijazah kopetensi pd mata pelajaran yang diikuti oleh satauan pendidikan dasar maupun menengah dintaranya yaitu SD, SDLB, S